Ikrar Guru

Untuk membantu peran Bapak/Ibu sebagai guru di era digital saat ini, dikutip dari laman Quipper Blog berikut beberapa tips yang dapat diimplementasikan dalam aktivitas belajar-mengajar:

  • Bangun komunikasi yang efektif. Seperti yang Bapak/Ibu ketahui, di era digital saat ini arus informasi begitu cepat dan mudah didapatkan peserta didik. Manfaatkan keuntungan tersebut dengan menjalin komunikasi dua arah dalam bentuk diskusi atau presentasi tugas. 
  • Manfaatkan teknologi. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, guru dapat menggunakan daftar absensi secara otomatis dengan sistem yang terintegrasi, delegasi materi pembelajaran dengan cloud computing, hingga tabulasi hasil pembelajaran peserta didik.
  • Ciptakan ruang diskusi yang interaktif. Salah satu cara pembelajaran yang efektif ialah dengan melempar suatu pertanyaan kepada peserta didik dan membuat beberapa kelompok kecil untuk menemukan jawabannya.
  • Berikan tugas yang cukup dan relevan. Tips terakhir dapat Bapak/Ibu terapkan agar mengetahui potensi peserta didik secara lebih efektif. Coba buat perencanaan belajar yang matang dan praktis untuk memaksimalkan hasil pembelajaran.

Berdasarkan laman pgri.or.id, berikut isi dari Ikrar Guru Indonesia: