Prota (Program Tahunan)

Program tahunan atau Prota merupakan susunan waktu pembelajaran dalam kurun waktu 1 tahun ke depan untuk mencapai standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang telah ditetapkan. Guru harus bisa mengalokasikan waktu pembelajaran dengan baik agar bisa diterima dengan mudah oleh siswa.

Penyusunan program tahunan harus dilakukan dengan baik. Anda harus memanfaatkan atau membagi waktu pembelajaran yang ada untuk melakukan kegiatan belajar yang efektif dan efisien. Sehingga pembelajaran dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.

Pada dasarnya, penyusunan program tahunan adalah penetapan jumlah waktu yang ada untuk setiap kompetensi dasar. Adapun berikut ini merupakan langkah-langkah penyusunan prota yang bisa dilakukan, untuk menghasilkan pencapaian yang baik, di antaranya yaitu:

1. Melakukan analisis kalender pendidikan, guna menyesuaikan kebutuhan berdasarkan karakter atau ciri unit satuan pendidikan. Dalam hal ini, pastikan Anda mendapatkan kalender pendidikan, lalu lihat jadwal acara atau kegiatan dalam kalender tersebut untuk memberikan gambaran kegiatan belajar.

2. Memberikan tanda tersendiri pada hari libur, awal tahun ajaran baru, pekan atau mingguan efektif untuk belajar serta waktu yang efektif belajar setiap minggu. Pasalnya, dalam kalender pendidikan ada beberapa hari libur yang perlu ditandai, mulai dari

  • Libur hari besar nasional
  • Libur hari besar keagamaan atau acara keagamaan
  • Libur akhir tahun ajaran
  • Llibur pada hari khusus
  • Jeda antar semester pembelajaran

3. Melakukan perhitungan jumlah Minggu efektif dalam 1 tahun di setiap bulan dan semester nya guna mengalokasikan waktu kompetensi dasar atau format matriks yang ada.

4. Mengalokasikan waktu kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan setiap mata pelajaran, kompetensi dasar serta pokok pembahasannya pada minggu efektif. waktu yang dialokasikan harus sesuai dengan tingkat kesulitan materi, ruang lingkup materi pelajaran, seberapa pentingnya materi pelajaran serta waktu untuk mereview materi pelajaran tersebut.